Sunday, 20 May 2007

Akkusativ und Dativ


Dulu saya paling suka kalau sudah membahasa subjek tersebut di atas. Paling suka bingung maksudnya...he..he.. . Tapi itu dulu, sekarang? tetap aja sering bingung..:-P


Sebelumnya saya mau mengingatkan bahwa seperti halnya dalam bahasa Inggris, bahasa Jerman juga menggunakan artikel untuk kata benda. Kalau dlm English ada kata the (definite article) dan a/an (indefinite), maka dlm Deutsch, artikel mengikuti gender dari noun.

Definite article adalah der (maskulin), die (feminin) dan das (netral), sementara untuk indefinite adalah ein (maskulin), eine (feminin) dan ein (netral).
Jadi, das Auto itu beda dengan ein Auto. die Lehrerin (guru perempuan) beda dengan eine Lehrerin.
das Auto menunjuk kepada sebuah mobil tertentu, sementara ein Auto tidak terdefinisikan. Maksudnya, bisa mobil apa saja.


Kembali ke subject di atas, akkusativ itu adalah direct object sementara dativ adalah indirect object.

zum Beispiel (contoh):

ich schreibe einen Brief. (ikh syreibe ainen Brif).
Saya menulis sebuah surat.

Brief di atas adalah akkusativ dan maskulin. Jika disebut sendiri, kita cukup menulis dengan ein Brief. Tapi karena dia sudah tergabung di dalam kalimat dan menjadi objekt langsung (Apa yang saya tulis? sebuah surat), maka artikel ein berubah menjadi einen.

ich lese ein Buch (saya membaca sebuah buku).
Buku, -das Buch- adalah netral.

Nah, kalau kalimatnya berubah menjadi:

ich schreibe meinem Mutter einen Brief. (saya menulis surat untuk ibu saya)

Kata Mutter di atas (feminin) adalah Dativ. Biasanya, kalau disebut tersendiri, cukup ditulis dengan meine Mutter (ibuku). Tapi karena dia adalah objek tidak langsung, maka disebut meinem Mutter.

Bedakan dengan: "ich sehe meine Mutter" (saya melihat ibu saya), di mana Mutter berfungsi sebagai akkusativ.

Lengkapnya, penggunaan artikel dalam akkusativ dan dativ adalah sbb:

Definite Article

Maskulin - Netral - Feminin

Nominativ: der - das - die
Akkusativ: den - das - die
Dative: dem - dem - der


Indefinite Article

Nominativ: ein - ein - eine
Akkusativ: einen - ein - eine
Dative: einem - einem - einer



Fortsetzung folgt........(bersambung)

11 comments:

memey said...

mas saya masih dodol kalo membahas nyang ini :p

saya mo nanya!nyang...
Ich schreibe meinem mutter einen brief.

meinem mutter dan einen brief itu..sama2 dativ ya? ato bukan?Pusing bleh...

boleh gak saya tulis kek gini...
Ich schreibe meinem mutter ein Brief!

Tulung jelasin ye...

Anonymous said...

bukankah seharusnya:

"Ich schreibe meiner Mutter einen Brief."

Denn Mutter ist weiblich und deren Artikel ist "die".

Anonymous said...

terima kasih utk anonymous.
Da hast du Recht. Ich habe es ubersehen.:-)

Donnie

Phya Fadia said...

Na ja...verstehe ich nicht ├╝ber dativ..!

Dativ itu menjelaskan "Suche", atau "Wo" ?

penerjemah bahasa jerman said...

salam kenal & sukses selalu
terima kasih
penerjemah bahasa jerman

Anonymous said...

iyaaa, meiner Mutter :D

- said...

Mainerrrr uahahaha

Anonymous said...

beda ein sama einen dalam kalimat:
_she isst einen apfel
_was ist das?.das ist ein apfel

Putra R said...

Mau nanya bos, cara ngebedain kata kerja akkusativ sama yg dativ gimana ya biar gampang. Kalah dsitu mulu

Primaaditya said...

ya pkoknya hafalin aja kata kerja yang menggunakan dativ, dan selain itu akkusativ.. dativ sedikit kok, jadi hafalin aja dativnya, lainnya akusativ

Muhammad Aldrin said...

Saya baru belajar bahasa jerman lewat duolingo, cara membedakan article ini yg paling sulit, hahaha